Efiesiensi sumber daya

Kasus : No 2

Anda mempunyai anggaran sebesar Rp.300.000 setiap bulan, sementara anda mempunyai bermacam-macam kebutuhan untuk hidup anda selama satu bulan. Anda harus menentukan secara cermat penggunaan anggaran yang anda miliki agar kebutuhan anda dalam satu bulan dapat dipenuhi secara optimal. Dalam konteks ini, mana yang termasuk dalam kelangkaan sumber daya dan mana yang termasuk usaha mengelola sumber daya yang langka secara efisien.
Baiklah..kali ini dengan soal kasus yang berbeda dan sedikit membingungkan bagi saya. Saya menyimpulkan bahwa materi yang terdapat dalam soal kasus ini ialah mengenai kelangkaan. Kelangkaan adalah suatu keadaan dimana jumlah alat pemuas kebutuhan (barang dan jasa) yang relatif terbatas jika dibandingkan dengan jumlah kebutuhan manusia. Dalam hal ini, seseorang yang memiliki anggaran sebesar Rp.300.000 setiap bulannya harus mampu memenuhi kebutuhan hidupnya setiap bulan. Dimana kebutuhan itu terdiri dari kebutuhan Primer,, sekunder, dan tersier. Dalam kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Prioritas utama adalah tercukupinya kebutuhan primer. Yaitu kebutuhan akan makanan dan minuman. Lalu, yang kedua adalah kebutuhan sekunder yaitu pelengkap setelah kebutuhan primer tercukupi. Misalnya kebutuhan alat rumah tangga. Dan yang terakhir adalah kebutuhan Tersier yaitu kebutuhan yang bersifat kesenangan.

Dapat disimpulkan bahwa yang menjadi kelangkaan sumberdaya adalah tersedianya anggaran yang hanya berjumlah Rp.300.000 setiap bulannya. Sedangkan yang menjadi Usaha dalam mengelola sumber daya tersebut adalah penggunaan uang yang sudah dianggarkan Rp.300.000 setiap bulannya. Orang tersebut harus mengatur anggaran tersebut dengan cermat dan bijak agar kebutuhan hidupnya terpenuhi.

0 komentar:

Posting Komentar