Tugas JAVA

Buat sebuah kelas yang bernama transport,
di dalamnya kita buat sebuah method bernama Kendaraan(). yang akan mencetak Kendaraan Punya roda, Kemudi(stang), dan Sadel

lalu buat method baru, bernama aksi
yang akan mencetak Kendaraan dapat berjalan dan dapat mengerem

SeperClass Kendaraan


Class transport{
Public void methodKendaraanbermotor(){
System.out.println(“Kendaraan yan kita gunakan mempunyai Roda,Stir(kemudi) dan sadel”);
}
Public void methodRun()
System.out.println(“Kendaraan yang kita gunakan dapat berjalan dan dapat berhenti dengan menggunakan rem”);
}
Public static void main(String[] args){
Transport Ok = new transport();
Ok.methodKendaraanbermotor();
Ok.methodRun();
}
}

Lalu buat sebuah kelas baru bernama motor,
ketika menuliskan parameter kelasnya,

class mobil extends transport adalah, kelas motor adalah perluasan dari kelas transport

semua dapat lihat ada perintah super.methodKendaraanbermotor

Program class motor

Class motor extends transport{
Public void methodKendaraanbermotor(){
Super.methodKendaraanbermotor( ); // digunakan untuk memanggil method pada class sebelumnya
System.out.println(“Motor dapat bergerak dengan jumlah roda = 2”);
}
Public void methodRun(){
System.out.println(“motor dapat melakukan jumping”);
}
Public static void main(String[] args){
Motor Ok = new motor();
Ok.methodKendaraanbermotor();
Ok.methodRun();
}
}

Lalu buat sebuah kelas baru bernama mobil,
ketika menuliskan parameter kelasnya,

class mobil extends transport adalah, kelas motor adalah perluasan dari kelas transport

semua dapat lihat ada perintah super.methodKendaraanbermotor

Program Class mobil

Class mobil extends transport{
Public void methodKendaraanbermotor(){
Super.methodKendaraanbermotor(); // digunakan untuk memanggil method
System .out.println(“Mobil dapa bergerak dengan jumlah roda = 4”);
}
Public void methodRun();
System.out.println(“Mobil yang kita gunakan juga dapat berjalan mundur”);
}
Public static void main(String[] args){
Mobil Ok = new mobil();
Ok.methodKendaraanbermotor();
Ok.methodRun();
}
}














Information Hiding adalah menyembunyikan atribut suatu object dari object lain

sedangkan Encapsulation adalah menyembunyikan attribute suatu objek dari objek lain. (hanya atribut)

Attribute maupun method disembunyikan dengan cara memberikan modifier private.

Contoh program dengan menggunakan teknik information hiding dan encapsulation

Public class persegi{
Private double panjang;
Private double lebar;
Public persegi(){
Panjang = 0;
Lebar = 0;
}
Private double luas(double p,double l){ // data yang di hiding
Return (p*l);
Public void setPanjang(double panjang){
This.panjang = panjang;
}
Public void setLebar(double lebar){
This.lebar = lebar;
}
Public double get Panjang(){
Return panjang;
}
Public double getLebar(){
Ruturn lebar;
}
Public double getLuas(){
Return luas(panjang.lebar);
}
}

0 komentar:

Posting Komentar